7 Lukisan Paling Seram di Dunia

7 Lukisan Paling Seram di Dunia

Lukisan adalah salah satu bentuk seni yang paling misterius. Berbagai tema dan pandangan diangkat untuk sebuah ide melukis. Beberapa orang mengusung genre abstrak, beberapa lainnya mencoba style minimalis, ada juga yang lebih suka menggambar objek hidup.

Nah, perbedaan-perbedaan tersebut terjadi karena tiap pelukis atau orang yang memiliki jiwa seni percaya bahwa tiap tema atau style itu memiliki makna tersendiri. Tak sedikit pula pelukis yang lebih suka untuk menuangkan karyanya di atas kanvas untuk melukis sebuah hal yang menyeramkan, beberapa di antaranya malah dianggap berhantu!

Berikut adalah 7 Lukisan Paling Seram di Dunia seperti yang dikutip dari paling-unik.com.

 

1. Dipenggal Istri Sendiri

Lukisan yang satu ini diberi judul Judith Slaying Holofernes. Merupakan sebuah karya pelukis asal Italia, Artemisia Gentileschi, dan diciptakan pada sekitar tahun 1611 dan 1622. Lukisan ini menggambarkan dua orang wanita, Judith dan pelayannya, yang tengah menggorok leher seorang jendral perang di saat Ia mabuk dan tertidur. Artemisia mengaku bahwa dirinya terinspirasi oleh lukisan dari Caravaggio, seorang pelukis aspek-aspek kekerasan dan kekejaman lainnya, seperti yang dilansir situs Wikipedia.

 

2. Tuyul Teriak?

Karya yang berikutnya merupakan milik Edvard Munch, seorang pelukis asal Norwegia. Sesuai dengan ilustrasi gambarnya yang terkesan mistis, lukisan ini bernama The Scream. Lukisan yang dibuat Edvard antara tahun 1893 dan 1910 ini menggambarkan sebuah ekspresi kesakitan dari seorang anak kecil, dengan latar belakang sebuah langit sore hari yang cerah.

Seorang pakar seni menuturkan bahwa teriakan pada lukisan ini adalah sebuah ekspresi dan icon dari seni modern atau lukisan monalisa untuk jamannya. Mungkin terlihat seperti gambar anak kecil, tapi harus diakui, gambar ini memiliki sebuah aura yang cukup seram jika terus dipandangi. Jadi, jangan lama-lama lihatnya ya! Buruan ke halaman berikutnya!

 

3. Dimakan Bapak Sendiri

Kalau yang sebelumnya kurang serem, bagaimana dengan yang satu ini? Berjudul Saturn Devouring His Son, lukisan ini merupakan karya dari Fransisco Goya, seorang pelukis asal Spanyol dan diterbitkan antara tahun 1819 dan 1823. Lukisan ini menceritakan tentang sebuah legenda raksasa yang bernama Cronus (Saturn) yang memakan anaknya sendiri.

Menurut sang pencipta, Saturn takut jikalau suatu saat kekuasaannya sebagai raja raksasa akan diambil oleh anaknya, sehingga sebelum terjadi hal buruk, Ia menyantap sang anak. Selain ceritanya yang seram, lukisan ini memang memiliki ilustrasi yang tak kalah bikin merinding. Iya gak? Lukisan ini hingga sekarang masih terpajang di sebuah museum di Madrid, Spanyol. Berani lihat secara langsung?

 

4. Saling Bunuh di Neraka

Lukisan yang satu ini bernama Dante and Virgil in Hell, dilukis oleh William Bouguereau pada tahun 1850. Secara garis besar, lukisan ini menggambarkan mengenai suasana di neraka. Sang pelukis mencoba menuangkan imajinasi pandangannya mengenai bagaimana seramnya neraka itu. Tampak dua orang laki-laki tengah berkelahi tanpa busana, sedangkan beberapa yang lainnya hanya melihat saja.

Tampak juga dari kejauhan, seekor iblis terbang untuk ‘mengamati’ pemandangan yang tengah ia nikmati. Lukisan-lukisan seperti ini memang sekilas tampak biasa dan tak menyeramkan, namun makna yang ada di baliknya kadang bisa memberikan kesan tidak enak untuk dipandang. Iya kan?

 

5. Tangisan Mistis!

Lukisan yang satu ini berjudul The Crying Boy dan konon katanya berhantu lho! Kejadiannya terjadi pada tahun ’80an, pada sebuah rumah yang tengah kebakaran parah, semua barang hampir habis terbakar, namun lukisan ini masih berada di tembok tanpa sedikitpun goresan. Menurut seseorang yang ahli hal-hal mistis, lukisan ini terkutuk dan dihantui oleh arwah dari laki-laki yang tergambar pada gambar tersebut.

Lukisan ini dikabarkan menghantui siapapun yang memilikinya, dan tak bisa dibuang. Untuk menghilangkan kutukan dari lukisan ini, sang pemilik harus mengorbankan seorang anak laki-laki dan perempuan dengan cara menggantung mereka bersama. Wah, serius? Gak nyangka ya gambar yang sebenarnya cukup bagus ini ternyata punya cerita kelam dan mistis di belakangnya. Kalian percaya dengan rumor tersebut?

 

6. Mimpi Buruk

Lukisan yang satu ini bernama The Nightmare. Diciptakan pada tahun 1781 oleh seorang pelukis asal Swiss bernama Henri Fuseli. Ini merupakan karya terbaik dari Fuseli yang sempat dipamerkan pada Royal Academy, London pada tahun 1782. Pada gambar ini tampak seorang wanita yang tengah tertidur dan di atas tubuhnya, seorang atau sebuah makhluk duduk sembari memandang ke arah kita.

Jangan pandangi mata dari makhluk tersebut lama-lama, serem!. Lukisan ini menceritakan tentang mimpi buruk dari seseorang. sang pelukis mencoba menggambarkan jika kita tengah mengalami mimpi buruk, seperti inilah gambaran yang sebenarnya di dunia nyata saat kita tak sadar. Wah, benarkah itu?

 

7. Bergerak Sendiri di Malam Hari

Ini dia, lukisan paling seram yang diyakini terkutuk dan berhantu oleh berbagai macam korban. Judul dari karya ini adalah The Hands Resist Him, diciptakan oleh Bill Stoneham pada tahun 1972. Gambar dari lukisan ini adalah seorang anak laki-laki (yang diakui sebagai masa kecil si pelukis) tengah berdiri di samping boneka gadis yang tak memiliki ekspresi. Serem banget! Sedangkan di belakang mereka tampak sebuah pintu kaca yang dipenuhi dengan tangan-tangan.

Lukisan ini sempat dilelang pada situs eBay pada Februari 2000 silam dan berpindah tangan beberapa kali. Sejak itulah hal-hal berbau mistis mulai bermunculan pada siapapun yang memilikinya. Kisah ini sempat booming di dunia internet pada masanya. Konon katanya, pemilik lukisan ini mengungkapkan bahwa lukisan ini sering bergerak sendiri pada malam hari. Kadang, si boneka gadis menyeramkan tersebut menghilang dari dalam lukisannya!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s